ES DOGER 88

Sebelum masuk ke pembahasan tentang ES DOGER 88 yuk kita bahas sejarahnya terlebih dahulu!

Usaha ES DOGER 88 ini berdiri karena kebutuhan ekonomi dan tekanan hidup yang semakin besar, sedangkan pada saat itu Bapak Widjono, nama pemilik usaha ES DOGER 88 ini mengalami masalah ekonomi yang cukup besar karena mata pencahariannya yang sehari-hari menjadi karyawan terkena PHK. Sebelumnya beliau juga pernah menjadi staf broadcasting dan kepala gudang di Jakarta. Setelah mengalami kegagalan dalam pekerjaan tersebut, beliau beserta keluarga memutuskan pindah dan menetap di Jember. Tepat pada tahun 2008 beliau bersama istri mendapatkan ide untuk mendirikan usaha minuman yaitu ES DOGER 88. Usaha minuman telah di pilihnya karena menurut beliau usaha es tidak membutuhkan modal yang terlalu besar akan tetapi laba yang di dapat cukup besar dan cukup untuk menghidupi keluarga.

Asal mulanya Es Doger sendiri ini sebenarnya merupakan minuman es biasa yang menjualnya dengan dipikul dan namanya pun disebut Es Serut. Dengan berkembangnya zaman, es tersebut kemudian dijual dengan menggunakan gerobak sehingga namanya menjadi Es Doger. Pendirian usaha Es Doger ini awalnya beliau menjualnya keliling di sekitar kantor pos dan Alun-Alun Jember dengan gerobak dengan tenaganya sendiri. Akan tetapi pada saat ini dengan berkembangnya usaha ES DOGER 88 yang di rintisnya sekarang mulai merambat dan memiliki beberapa karyawan sehingga beliau hanya menyediakan gerobak dan bahannya.

Wah! Keren ya ternyata perjuangan bapak pengusaha ES DOGER 88 ini, bisa kita teladani teman2! Eitttt tapi, jgn tunggu di phk dulu loh ya baru jd pengusaha, kalau bisa, uda kerja ‘nyambi’nya jadi pengusaha, wuuu kebayang ngga sih gimana suksesnya kita besok, mwihihi….

Nahhhh selanjutnyaaa hayuk kita ulas tentang gambaran kerja usaha ES DOGER 88 ini Check it out!

Nama usaha yang Widjono jalankan adalah salah satu usaha yang menawarkan produk berupa barang. Usaha beliau tersebut berupa es dengan nama ES DOGER 88. Es Doger merupakan singkatan dari Es Dorong Gerobak yang artinya es yang dijual dengan menggunakan gerobak yang di jajakan atau berkeliling. Sedangkan 88 merupakan angka keberuntungan yang diyakini akan membawa kesuksesan bagi yang melakukan usaha.

Visi dan misi usaha ini adalah “sini untung, situ untung”. Dengan misi seperti itu Bapak Widjono ingin usahanya lebih berkembang selain itu beliau ingin membantu mereka yang membutuhkan pekerjaan. Sehingga mereka juga memiliki keuntungan akan tetapi Bapak Widjono juga memiliki keuntungan dari setoran yang di dapatkan dari penjualan yang dijualkan oleh para pegawai-pegawainya.

Untitled

Perusahaan Es Doger ini memakai logo usaha 88. Penggunaan angka 88 untuk logo ini berawal karena beliau termotivasi oleh orang Tionghoa bahwa angka 88 merupakan angka keberuntungan. Oleh sebab itu Bapak Widjono menggunakan angka tersebut dengan maksud agar usaha yang didirikan selalu beruntung dan dapat berkembang sesuai dengan target yang di inginkan. Waaaah, baru tau ya teman2 angka 88 ini ternyata adalah angka keberuntungan!

Produk yang di hasilkan oleh Bapak Widjono yaitu produk berupa minuman. Minuman tersebut adalah minuman ES DOGER 88 yang saat ini sudah banyak peminatnya. Komposisi es yang beliau buat terdiri dari tape singkong, tape ketan, jenang ketan hitam, mutiara, sirup dan serutan es dicampur degan. Minuman tersebut dikemas dalam gelas plastik dan dijual seharga Rp 3000,00 per gelas. Harga mahasiswa banget!!!

Lokasi usaha terdapat di beberapa titik-titik daerah yang menurutnya strategis yaitu :

Pertama, di daerah Kampus. Daerah kampus telah di pilihnya karena daerah tersebut ramai dengan ramainya daerah tersebut sehingga beliau memilih daerah Kampus Unej. Selain itu Es Doger juga merupakan es yang dapat menghilangkan dahaga dan haus sehingga penjualan di daerah kampus sangat strategis dengan panasnya suhu kota Jember saat ini yang semakin meninggi maka penjualan di lokasi tersebut sangat baik. Di daerah kampus sendiri beliau menempatkan 2 armada.

Kedua, di Alun-alun. Alun-alun merupakan tempat umum yang strategis dalam penjualan ES DOGER 88 ini. Di pilihnya alun-alun sebagai tempat lokasi penjualan di harapkan penjualan yang di lakukan agar cepat habis . Karena alun-alun merupakan tempat umum yang strategis di tengah-tengah kota. Selain itu kondisi iklim di Jember yang pada saat ini tidak menentu dan panasnya yang tinggi maka penjualan ES DOGER 88 ini sangat cepat. Disini beliau menempatkan 2 Armada.

Ketiga di Rambipuji. Rambipuji salah satu lokasi penjualan ES DOGER 88. Karena daerah ini merupakan tempat umum yang juga sangat mendukung penjualan, selain itu di daerah Rambipuji ini juga saingan penjulan es juga sangat sedikit sehingga dengan di pilihnya lokasi tersebut maka penjualan es dapat dilakukan dengan baik. Di sini beliau menempatkan 3 armada.

dan yang terakhir yaitu berkeliling. Keliling ini bapak Widjono menempatkan 2 armada.

Wuuuuu! Mudah di temukan dimana-mana ya berarti, asyik nih bisa beli kapan dan dimana aja dongggg!

Jumlah tenaga kerja yang ada dalam usaha ES DOGER 88 Bapak Widjono pada saat ini ada 11 orang 9 armada. Tenaga kerja tersebut terdiri dari 2 orang yaitu Bapak Widjono dan istrinya yang berperan sebagai pengolah produk, sedangkan 9 orang lainnya merupakan karyawan yang berperan sebagai penjual dari produk yang dihasilkan. Karyawan-karyawan yang direkrut oleh Bapak Widjono, tempat tinggalnya agak jauh dari rumah beliau. Karyawan yang bekerja pada Bapak Widjono tersebut sudah berkeluarga dengan rata-rata memiliki 2 orang anak yang sudah bersekolah. Hal tersebut memang Bapak Widjono memilih karyawan yang sudah berkeluarga dan membiayai anak sekolah.

Keadaan pasar usaha ES DOGER 88 ini cukup memiliki banyak saingan baik dari es jenis lainnya maupun Es Doger itu sendiri. Permintaan pasar untuk Es Doger cukup tinggi ditambah dengan adanya pamflet yang tertera pada gerobak. Selain dijajakan secara berkeliling, Bapak Widjono juga dapat melayani jika ada acara tasyakuran dengan melihat informasi yang tertera di pamflet yang ada pada gerobak.

Perkembangan omset yang didapatkan juga semakin hari semakin membaik tergantung dari penjualan dan kondisi iklim. Omset yang di dapatkan ± Rp 450.000/hari Laba kotor. Sehingga dengan laba yang seperti itu beliau dapat mengembangkan usahanya yang awalnya hanya 1 gerobak sekarang menjadi 9 gerobak. Jadi, laba kotor yang di dapatkan ± Rp 121.500.000,00 per bulan. Sedangkan untuk pembayaran gaji karyawannya sendiri beliau mengambil dari laba kotor tersebut dengan pembayaran setiap karyawan ± Rp 50.000 per hari. Jadi, total pembayaran gaji karyawan yang Bapak Widjono keluarkan setiap karyawan yaitu ± Rp 1.500.000 per bulannya. Sehingga jika beliau menggaji karyawannya dalam sebulan hanya mengeluarkan ± Rp 13.500.000 dari laba kotor yang di dapat oleh beliau. Wujud usaha es tersebut para karyawan bekerja hanya menggunakan becak sewaan.

Selanjutnya, kita ulas yuk beberapa pembahasan usaha ES DOGER 88 kali ini!

Usaha ES DOGER 88 yang didirikan oleh Bapak Widjono sama seperti dengan usaha-usaha pada umumnya yang juga memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan dalam kegiatan usahanya tersebut. Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) digunakan untuk mengidentifikasi usaha yang beliau jalani. Berikut ini adalah hasil dari analisis SWOT terhadap usaha ES DOGER 88:

  1. Kekuatan (Strenght)

Kekuatan (Strenght) merupakan faktor intern dalam sebuah usaha. Usaha ES DOGER 88 milik Pak Widjono kekuatannya terletak pada :

  1. Produk yang dihasilkan terjamin

Kualitas produk yang dihasilkan terjamin karena produk diolah sendiri oleh Bapak Galih dan istrinya. Beliau selalu menjaga produknya murni tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan serta bahan-bahan yang dapat menipu konsumen. Oleh karena diolah sendiri maka cita rasa produk yang dihasilkan pun terjaga dan tetap dipertahankan. Contohnya adalah penggunaan gula murni untuk pembuatan sirup dan buah asli untuk sumber perasa es.

  1. Harga produk murah

Harga produk ES DOGER 88 Rp 3000,00 per gelas. Harga tersebut termasuk dalam kategori murah. Melihat komposisi es yang cukup banyak dan beraneka ragam, harga yang demikian tersebut termasuk sesuai dengan selera masyarakat.

  1. Produk mudah didapat

Produk mudah didapat karena lokasi pemasaran produk yang tersebar. Pemilihan lokasi yang tersebar tersebut cukup strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen. Pemilihan lokasi tersebut ditentukan oleh Bapak Widjono.

  1. Bahan baku mudah tersedia

Bahan baku yang digunakan oleh Bapak Widjono dalam produksi es adalah hasil bumi lokal. Beliau juga memiliki kerjasama dengan penjual tape. Selain itu bahan seperti sirup, es batu dan bahan-bahan tambahan lainnya beliau olah sendiri. Hal-hal tersebutlah yang menjadikan bahan baku untuk produksi es ini mudah didapat dan tersedia.

  1. Kelemahan (Weakness)

Kelamahan (Weakness) juga merupakan faktor intern dalam suatu usaha. Kelemahan usaha es Bapak Widjono terdapat pada :

  1. Keterbatasan tempat produksi

Tempat produksi ES DOGER 88 menjadi satu dengan dapur keluarga Bapak Widjono. Ukuran tempatnya pun termasuk kecil. Beberapa peralatan letaknya kurang rapi karena untuk mengatur letak peralatan tersebut tempatnya kurang.

  1. Keterbatasan tempat parkir gerobak jual

Pusat produksi ES DOGER 88 berada di lokasi perkampungan yang cukup padat di daerah Gebang. Lahan di sekitar rumah Bapak Widjono sangat sempit. Keterbatasan lahan tersebut menyebabkan lokasi untuk parkir gerobak jual sangat kurang. Gerobak jual sebanyak 7 buah tersebut pemarkirannya menjadi tidak rapi dan menghalangi jalan.

  1. Keterbatasan modal

Bapak Widjono mengaku permodalan beliau masih kurang. Permodalan untuk usaha selama ini masih mendapatkan bantuan dari pihak saudara. Beliau juga sudah berusaha meminjam ke perbankan tetapi sulit karena beliau tidak mempunyai jaminan yang menjadi syarat dalam peminjaman modal.

  1. Peluang (Opportunity)

Peluang (Opportunity) merupakan faktor ekstern dalam suatu usaha yang perlu diperhatikan untuk menentukan keberhasilan usaha. Peluang usaha ES DOGER 88 milik Bapak Widjono cukup bagus yaitu :

  1. Kepercayaan Konsumen

Usaha ES DOGER 88 sangat menjunjung tinggi selain dari kualitas juga sangat menjunjung tinggi nilai kepercayaan konsumen. Kepercayaan konsumen merupakan pendukung keberhasilan usaha. Kepercayaan konsumen tersebut muncul akibat dari proses produksi ES DOGER 88 yang selalu menjaga kualitasnya mulai dari proses penyiapan bahan hingga proses pembuatan. Bahan yang berkualitas tersebut dapat membedakan ES DOGER 88 dengan penjual Es Doger yang lainnya karena kebanyakan konsumen yang menjadi pelanggan produk ini adalah orang pecinan yang sangat peka dalam memilih cita rasa produk.

  1. Cuaca Mendukung

Cuaca khususnya di Kota Jember sangat mendukung dalam mengembangkan Es Doger sehingga mudah mendapatkan konsumen. Cuaca di Kota Jember ini relatif panas di setiap harinya, sehingga hal tersebut dapat menarik konsumen untuk mencari es. Konsumen yang mudah didapatkan tersebut akan mendatangkan keuntungan bagi produsen.

  1. Persaingan Usaha yang Tidak Ketat

Pengembangan usaha Es Doger di Kota Jember oleh wirausahawan ini sangat sedikit. Hal ini membuat persaingan dalam usaha Es Doger cenderung tidak ketat. Oleh karena itu, wirausahawan Es Doger ini mendapatkan keuntungan.

  1. Ancaman Usaha (Threat)

Ancaman (Threat) juga merupakan faktor ekstern dalam suatu usaha. Ancaman usaha es beliau ini diantaranya :

  1. SIUP

Perizinan dalam melakukan suatu usaha dibutuhkan untuk mendukung suatu usaha yang sedang dikembangkan. Salah satu bentuk perizinan dalam melakukan usaha adalah SIUP. Usaha ES DOGER 88 ini belum mempunyai SIUP. Akibatnya usaha ES DOGER 88 tersebut banyak yang meniru dan dalam pemasarannya banyak kendala seperti perizinan lokasi.

  1. Hak Paten

Usaha ES DOGER 88 belum mempunyai hak paten. Akibatnya banyak yang meniru logo, produk dan gerobak jual beliau. Hal ini menjadikan banyaknya pesaing dalam bidang usaha yang sama.

  1. Dukungan Pemerintah

Dukungan pemerintah terhadap usaha ES DOGER 88 kurang. Hal tersebut terlihat dari seringnya karyawan Bapak Galih yang diusir oleh satpol PP ketika berjualan. Selain itu juga pernah salah satu karyawan pernah berurusan dengan polisi.

Karakteriktis sikap dan perilaku yang dimiliki oleh Bapak Widjono yang mampu mendukung keberhasilan usaha ES DOGER 88 sampai saat ini diantaranya adalah :

  1. Jujur

Sikap jujur beliau itu terbukti dalam hal menggunakan bahan yang alami bukan bahan palsu seperti pemanis buatan yang dapat menipu konsumen. Sikap jujur beliau juga terlihat dalam hal transparansi pembayaran gaji kepada karyawannya.

  1. Percaya diri dan murah hati

Sikap percaya diri beliau ini terlihat pada keyakinan hati beliau untuk terus berusaha dan optimis bahwa usaha beliau ini akan terus berkembang. Sikap murah hati beliau terlihat pada segi hubungan beliau dengan karyawannya yaitu beliau selalu menyediakan makan untuk karyawannya sedangkan gaji karyawannya tetap, memberikan bantuan kepada karyawan yang kesulitan, dan tidak memberi batasan waktu dalam memberi setoran tetapi beliau menegaskan pada karyawannya untuk pulang sebelum malam dan cukup istirahat.

  1. Motivasi dan tekad kerja yang kuat

Motivasi beliau ini berasal dari keluarganya dan belajar dari masa lalu untuk terus berjuang. Tekad kerja yang kuat tergambar pada usaha beliau bersama istri untuk mengolah produk dari sore hingga pagi.

  1. Komitmen tinggi

Komitmen tinggi beliau ini terwujud dalam besarnya komitmen beliau untuk menjaga kualitas produk dan menjaga kepercayaan konsumen. Beliau selalu berusaha menjaga komitmen “jujur berusaha, anda untung saya untung”.

  1. Sifat sabar dan tegas

Sifat sabar beliau ini terlihat ketika beliau menghadapi masalah hidup, masalah karyawannya dengan pihak satpol PP dan menghadapi pesaing yang menjiplak usaha beliau. Sifat sabar beliau ini diterapkan dengan keyakinan “rezeki tidak akan kemana”. Sedangkan untuk sikap tegas beliau tersebut terlihat ketika beliau mengatur tempat pemasaran untuk masing-masing karyawannya.

  1. Rasa kekeluargaan yang tinggi

Bapak Widjono memberi kepercayaan pada para karyawan dan memperlakukan karyawannya layaknya keluarga. Beliau memberikan dorongan kepada karyawannya untuk berusaha keras demi keluarga, agar jangan sampai keluarga karyawan beliau itu mengalami nasib yang sama seperti nasib beliau di masa lalu.

  1. Pandai mencari peluang

Bapak Widjono bersama istrinya pandai mencari peluang untuk memasarkan produk olahannya. Beliau pandai menjaga kualitas produk sehingga peluang beliau untuk mendapatkan konsumen lebih besar.

Nahhh! Itu tadi ringkasan dari bahasan tentang Usaha Es doger 88, Semoga bermanfaat buat kalian semua ya teman-teman! YUK, JANGAN PERNAH MALU BUAT JADI PENGUSAHA! Atau bahasa kekiniannya ‘KEEP CALM AND GO TO BE A TEENAGER OF ENTERPRENEUR’ ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *